Diabetes atau kencing manis adalah penyakit kronis yang menyebabkan kadar gula darah (gula darah) tinggi. Jadi apa itu diabetes?

Untuk lebih memahami apa itu diabetes, apa saja gejala diabetes? Cara efektif mengobati penyakit, silahkan simak artikel rangkuman diabetes berikut ini.

Apa itu diabetes?

Diabetes (atau diabetes mellitus) adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada sekelompok penyakit yang mempengaruhi cara tubuh menggunakan gula (glukosa) dalam darah.

Glukosa sangat penting bagi kesehatan karena merupakan sumber energi yang esensial bagi sel-sel dalam tubuh agar dapat berfungsi dengan baik, terutama sel-sel otak.

Penyebab penyakit ini beragam, tergantung pada jenis diabetes yang spesifik. Namun, terlepas dari jenis diabetesnya, penyakit ini tetap menyebabkan kadar gula darah tinggi, yang pada gilirannya menyebabkan serangkaian masalah kesehatan yang serius.

Jenis diabetes

Saat ini, jenis diabetes yang paling umum adalah diabetes tipe 1, 2, dan gestasional.

Diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1, atau diabetes tipe 1, diperkirakan terjadi sebagai reaksi autoimun yang menyebabkan tubuh Anda berhenti memproduksi insulin. Orang dengan penyakit ini harus menggunakan insulin buatan setiap hari selama sisa hidup mereka.

Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 atau diabetes tipe 2 mempengaruhi cara tubuh menggunakan insulin. Tidak seperti diabetes tipe 1, pada orang dengan diabetes tipe 2, sel-selnya resisten terhadap insulin, artinya mereka tidak merespons insulin secara efektif seperti dulu, meskipun tubuh masih membuat insulin.

Diabetes gestasional

Diabetes gestasional atau diabetes gestasional terjadi pada ibu hamil. Ini terjadi ketika tubuh kurang sensitif terhadap insulin. Namun, tidak semua ibu hamil mengalami diabetes. Selain itu, penyakit ini bisa hilang setelah melahirkan.

Bentuk penyakit yang kurang umum termasuk diabetes monogenik, diabetes terkait fibrosis kistik, diabetes akibat obat, pankreatitis, tumor pankreas, operasi pankreas, dan banyak lagi.

Pra-diabetes

Kadar gula darah yang normal adalah antara 70-99mg/dL. Penderita diabetes akan memiliki kadar gula darah lebih tinggi dari 125mg/dL. Jika gula darah Anda antara 100-125mg/dL, dokter Anda mungkin mendiagnosis Anda dengan pradiabetes.

Kondisi ini sangat mudah berkembang menjadi diabetes tipe 2, bahkan jika orang tersebut tidak memiliki gejala yang jelas. Selain itu, faktor-faktor yang meningkatkan risiko pradiabetes dan diabetes tipe 2 serupa, termasuk:

  • Kegemukan
  • Seseorang dalam keluarga memiliki diabetes tipe 2.
  • Rendahnya kadar kolesterol HDL
  • Hipertensi
  • Memiliki diabetes gestasional atau memiliki bayi dengan berat lahir tinggi (bayi dengan berat lebih dari 4kg)
  • Ovarium Polikistik
  • Lebih dari 45 tahun
  • Merokok

Jika Anda memiliki pra-diabetes, dokter Anda akan meminta Anda untuk melakukan perubahan gaya hidup dan pola makan untuk mencegah penyakit berkembang menjadi diabetes tipe 2. Jika setelah 3 bulan perubahan gaya hidup aktif, gula darah rendah. kembali normal, Anda mungkin perlu obat.

Obat Diabetes yang mujarab sebagai mana sumber referensi ini : Testimoni Mosehat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *