Ikan Koi Jepang dikenal sebagai “ratu” ikan, itulah sebabnya pecinta akuarium ingin memiliki ikan Koi yang paling indah. Pada pameran ikan Koi, ikan Koi terindah di dunia akan dihadirkan dan dilelang, dengan anak-anak hingga miliaran dong.

Ikan Koi termahal di dunia harganya setara Rp. 27 Miliar

Di Jepang, dalam pelelangan ikan koi kamp Sakai, pernah membuat perkumpulan pecinta ikan Koi sangat heboh dan mau tidak mau jatuh cinta dengan ikan Koi terindah di dunia yang dilelang hingga 203 juta yen. atau setara Rp. 17 Miliar.

Harga ikan Koi termahal di dunia ini ada di koleksi ikan Ms. Yingying dari Taiwan. Ini disebut “S Legend” dan berusia 9 tahun dan termasuk dalam ras Kohaku dengan panjang “besar” hingga 101cm. Seluruh tubuh ikan berwarna putih dengan highlight merah yang sangat eye-catching.

Yingying, pemilik ikan koi super cantik ini mengatakan, “All Japan Koi Show” berlangsung setiap dua tahun sekali, berturut-turut telah memenangkan kejuaraan di turnamen All Japan Koi Show 2017 dan 2019.

Ms. Yingying, yang berhasil melelang ikan Koi langka seharga 203 juta yen. (Sumber: Daily Mail)
Anehnya, kontes ini tidak memiliki hadiah uang. Namun, itu akan membantu ikan pemenang menjadi lebih mahal dan menegaskan kecantikan mereka serta mengangkat alis pemiliknya.

Mengapa ikan Koi ini begitu mahal?

Ikan Koi terindah di dunia biasanya berasal dari Jepang. Ikan Koi yang sempurna harus memiliki warna putih bersih yang tidak tercampur dengan warna lain. Terutama bagi mereka yang memiliki dua warna atau lebih, sangat sulit untuk mempertahankan bentuknya dan mencapai panjang lebih dari 1m.

Sangat sulit bagi ikan dengan 2 warna atau lebih untuk mempertahankan bentuknya dan mencapai panjang lebih dari 1m.

Oleh karena itu, Koi S Legend tercantik di dunia ini tidak hanya memiliki tubuh yang sempurna dengan panjang 101cm, tetapi juga memiliki warna merah putih yang sangat menonjol dan populer di seluruh dunia. Bercak warna ikan sangat merata, menyebar dari kepala ke ekor dan tidak saling menempel.

Menurut budaya tradisional Jepang, merah dan putih adalah simbol kegembiraan dan kemurnian. Oleh karena itu, ikan Koi Jepang kini sangat dihargai dan bisa dibilang sebagai ikan hias termahal di dunia.

Ikan koi memiliki kemampuan bunting yang baik, dapat melahirkan jutaan telur, namun membesarkannya cukup sulit. Tingkat keberhasilan budidaya ikan koi cukup rendah. Dari 3 juta bayi baru lahir, hanya 15.000 yang berkembang pada tahun pertama dan hanya sekitar 1000 yang berkembang pada tahun berikutnya.

Untuk memiliki ikan Koi yang paling indah, pemancing Koi harus memiliki pilihan yang tepat dan cerdas, selain keterampilan merawat ikan dalam kondisi baik. Berkat kesulitan memelihara ikan Koi, nilainya sangat tinggi.